Inilah Wisata Kuliner Jalur Banjar dan Ciamis

Inilah Kuliner Jalur Banjar dan Ciamis

Obyek Wisata Kuliner yang Enak di Jalur Banjar dan Ciamis

Inilah Rumah Makan memiliki cita rasa yang Enak yang diketahui dengan menu khas Sunda & Padang di sepanjang rute Ciamis-Pangandaran. Mungkin tidak ada salahnya sepulangnya dari Pangandaran mampir ke ruang makan atau wisata kuliner yang telah ada di antara Kota Banjar dan Ciamis.

Obyek Wisata Kuliner Jalur Banjar dan Ciamis yang Mesti Dikunjungi oleh para wisatawan Pangandaran. Jika dari arah Banjar menuju Ciamis Kamu bisa menikmati Es kelapa Muda di Rest Area Karangkamulyaan. Saat Ini keadaan Rest Area Ciung Wanara ini terasa apik. Pemkab Ciamis telah menatanya maka menciptakan paran wisatawan nyaman. 


Rest Area Karangkamulyaan
Rest Area Karangkamulyaan

Di Rest Area Karangkamulyaan ada objek Wisata Sejarah Ciung Wanara. Bagi yg mempercayainya sumur yang ada di sini mampu menciptakan awet muda, hehe. Pengunung Tempat ini nantinya dimanjakan dengan aneka jajanan khas yang telah sisediakan. Tertulis lebih dari 70 kios yang telah menjajakan aneka jajanan. 

Selepas dari Karangkamulyaaan di sepanjang jalan Bojong Kecamatan Cijeungjing tidak sedikit bakul aneka buah-buahan sepetti rambutan & nangka. Nah kira kira 400 meter dari tanjakan Cibeka ini dapat kita jumpai rumah makan yang teramat populer. Bangunannya sederhana, namun pengunjungnya antre. Rumah makan itu ialah Warung Jeruk. Diantaranya menyajikan Pepes Ikan RM Warung jeruk. Pemilik Rumah Makan Warung Jeruk sebenarnya bisa membikin rumah makan ini permanen bangunannya. Tetapi beliau masih mempertahankan RM itu terbuat dari bilik bambu. 

Rumah Makan Warung Jeruk
Rumah Makan Warung Jeruk

Justru pengelila rumah makan ini malah menambah area lahan parkirnya. Tempat parkirnya RM Warung Jeruk lebih luas ketimbang rumah makannya. Menu andalan Rumah Makan Warung Jeruk ialah lalapan & sambalnya. Ada pula aneka pepes ikan yg tidak ada di rumah makan yang lain. 

Selepas Warung Jeruk di pinggiran Kota Ciamis ada Rumah Makan Jorozoy. RM ini terletak di daerah ciamis dalam masuk ke perum kertasari. Lokasi nya memang lah jauh dari hiruk pikuk keramaian kota. Nah, suasanya alamnya pas buat keluarga yang ingin merindukan suasana alam pesawahan. 
Rumah Makan Jorozoy
Rumah Makan Jorozoy

Adapun menu specialny yaitu ikan bakar, mendoan, oseng kangkung/genjer, pencok leunca lalap dll. rumah makan ini pun berdekatan sekali dengan rumah makan yang hampir sama menyajikan menu ikan adalah RM Torozol

Di Ciamis pula ada Nasi TO & Nasi Cikur Nagrak. Ruang makan ini berada di daerah Nagrak Ciamis atau depan SMP 2 Ciamis, seandainya dari arah Bandung kira kira 500m sesudah Polres Ciamis, menu yg terkenal adalah nasi TO teristimewa ayam Goreng & Nasi Cikur, Lumayan murah cuma dgn duit 10 rb kamu dapat menikmati Nasi TO kumplit. rasanya maknyos.. 

Obyek Wisata Kuliner Jalur Banjar dan Ciamis yang Mesti Dikunjungi - Ada juga yang tidak kalah serunya ialah di kawasan DPRD Ciamis. Bagi yang sedang melalui Kota Ciamis sore hari sekitar pukul 15.30 WIB bisa mampir sebentar di kawasan Taman. DI sana ada PKL makanan yang selalu menjajakan beraneka ragam menu. Yang paling khas merupakan pecel lele Lamongan. Dan yang lebih menarik lagi adalah pecel lele ini diual oleh orang Ciamis. Sedangkan harganya juga terjangkau. 

 Pedagang Makanan di Alun-alun Ciamis
Pedagang Makanan di Alun-alun Ciamis

Pokoknya kita bisa menikmati suasana tengah malam di Kota Ciamis, suasananya serupa Marlioboro Jogyakarta. kita juga bisa menikmati suasana tengah malam di Ciamis yang ramai disaat tengah malam apa lagi akhir minggu. Taman Raflesia Ciamis benar-benar menjadi primadona wisata kuliner di Kababupaten yang akan menjadi Kabupaten Tatar Galuh ini. 

Di kawassan Alun-alun Ciamis ada juga Rumah Makan AMPERA. Rumah makan ini memang ternama. Lagipula pendiri Rumah Makan ini yakni asli dari Ciamis. 

Rumah Makan AMPERA
Rumah Makan AMPERA
RM AMPERA Ciamis terletak di depan Samping Taman Raflesia/Alun-alun Ciamis. menyajikan makanan khas sunda. Di samping RM Ampera ada RM Masakan Padang Sederhana. 

Obyek Wisata Kuliner Jalur Banjar dan Ciamis yang Mesti Dikunjungi - Dan yang gemar mie bakso jangan sampai lupa mampir ke Mie Baso Aga H. Oding. Tempatnya benar-benar berada di pertigaan Cenderung Ciamis atau dekat LP Ciamis. Pokoknya bila pulang dari Pangandaran terlewati.
Mie Baso Aga H. Oding.
Mie Baso Aga H. Oding.
Tentu masih banyak lagih yang tidak disebutkan untuk Kuliner dijalur Banjar & Ciamis yang bisa dikunjungi.

Sumber wisata kota banjar. Terima kasih, semoga bermanfaat!

0 Response to "Inilah Wisata Kuliner Jalur Banjar dan Ciamis "

Posting Komentar